Prodi Teknik Informatika ITP Kenalkan Produk-Produk RPL ke 90 Siswa SMKN 1 Sintoga

Institut Teknologi Padang – Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Institut Teknologi Padang (ITP) memberikan pengenalan produk-produk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) kepada 90 orang siswa SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang (Sintoga), Selasa (17/5/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung D Kampus I ITP itu merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat Prodi Teknik Informatika ITP terhadap salah satu sekolah mitra ITP.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITP, Firmansyah David, Ph.D  menyambut baik kedatangan Kepala Sekolah, para guru dan siswa prodi Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang.

“Kami menyambut baik kegiatan ini, karena SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang bukanlah sekolah yang asing bagi kami. Sekolah ini sudah menjadi mitra ITP sejak lama, sehingga kegiatan serupa juga bukan kali pertama,” kata Firmasyah David saat memberikan sambutan.

Ketua Prodi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs menyebutkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menambah pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan siswa terkait produk-produk RPL yang merupakan luaran dari matakuliah komputer grafis dan mata kuliah aplikasi teknologi mobile.

“Kita juga melibatkan mahasiswa teknik informatika ITP untuk memperkenalkan produk-produk RPL yang terbagi oleh 2 tim,” ujar Eva.

Lebih lanjut Eva menjelaskan tim pertama memberikan penjelasan singkat mengenai teknis-teknis di komputer grafis, kemudian menyajikan hasil desain jalan tol yang dibuat menggunakan konsep komputer grafis. Setelah itu, tim kedua memaparkan tentang teknologi Virtual Reality (VR) dan mendemokan beberapa produk hasil penelitian dosen dan mahasiswa terkait augmented reality dan dilanjutkan demo teknologi VR menggunakan oculus camera.

Melihat antusias para guru dan siswanya, Kepala SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang, Drs. Busraini  mengapresiasi kegiatan ini yang menjadi salah satu agenda rutin sekolah melakukan kunjungan industri dan perguruan tinggi.

“Ini kedua kalinya kami melakukan kunjungan ke ITP. Mengingat kerja sama yang baik antara sekolah dengan ITP, kami kembali lagi,” kata Busraini.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi dengan diwarnai pemberian doorprize bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan.

(peb/humas)