Dunia bisnis telah memasuki era Big Data! Sesuai dengan namanya Big Data merupakan dampak dari tumbuh kembangnya Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin canggih, efisien dan cepat. Big Data bukan sekedar kumpulan data yang masif dan kompleks tetapi merupakan sebuah bidang keahlian untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan sehingga mendukung pengambilan keputusan dari sebuah organisasi.

Diera 70-an hingga 90-an, pengolahan data untuk mendukung kegiatan organisasi perusahaan pada umumnya menggunakan metoda sampling statistik. Di era Internet of Things, seluruh data dapat di ‘mining’ dari berbagai sumber. Inisiatif dalam penggunaan Big Data terutama pada Analisis Prediksi dan Analisis Prilaku Pengguna. Metoda ini secara revolusioner menggunakan perangkat lunak yang memiliki daya komputasi tinggi dan melengkapi metode terdahulu. Pada akhirnya dapat meningkatkan ketepatan prediksi dan analisis prilaku.

Gambar 1 Prediksi
Sumber (Wikipedia)
Gambar 2 Kapasitas penyimpnan data per dekade
Sumber (Wikipedia)

Sementara itu, Business Analytics (BA) merupakan sebuah kegiatan dalam menemukan emtode innovatif dalam meningkatkan kemampuan organisasi berbasis data dan statistik. BA menggunakan pemodelan statistik untuk merancang model bisnis dan untuk meningkankan daya saing bisnis. Gambar 3 menunjukkan tahapan dari BA dengan menggunakan Big data. Bentuk BA di Gambar 3 merupakan pilihan tergantung konteks bisnis dan bisnis harus dapat menemukan metode yang tepat.

Gambar 3 Bentuk Business Analytics
Sumber (Rosebt)

Dari penjelasan diatas dapat digarisbawahi bahwa kegiatan bisnis termasuk transaksi di era digital akan dipenuhi oleh pengolahan dan pemodelan data. Tren penggunaan data ini akan semakin mendorong bidang keahlian baru seperti Artificial Intelligent, Machine Learning dan Data Science sebagai ‘top-up’ keahlian yang ada pada profesional di era Industri 4.0. Keahlian TIK tidak dibatasi pada back– dan front end engineer bahkan telah masuk pada bidang seperti manajemen dan pemasaran.

F. David